Pelatihan Kilat Bahasa Inggris untuk Siswa SMA: Mengupas Masalah Penggunaan Bentuk Kata Kerja

  • Tri Pujiani Universitas Harapan Bangsa
  • Diannike Putri Universitas Harapan Bangsa
  • Muhammad Soali Universitas Harapan Bangsa
  • Barlian Kristanto Universitas Harapan Bangsa
  • Benny Krisbiantoro Universitas Harapan Bangsa
  • Ida Dian Sukmawati Universitas Harapan Bangsa
Keywords: tata Bahasa, kata kerja, pelatihan bahasa inggris

Abstract

Grammar atau tata Bahasa merupakan dasar dari penguasaan sebuah Bahasa apapun. Tata Bahasa merupakan sekumpulan aturan yang mengatur struktur kata, frase, klausa, kalimat dan teks. Tata Bahasa merupakan salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh siswa. Banyak siswa mengganggap bahwa belajar tata Bahasa itu membosankan dan penuh dengan hafalan. Oleh karena itu, diadakanlah sebuah pelatihan singkat terkat tata Bahasa Inggris di kampus 1 Universitas Harapan Bangasa yang dihadiri oleh 110 siswa SMA dari berbagai sekolah di Jawa Tengah dan sekitarnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar tata Bahasa yang menyenangkan melaui pembelajaran yang interaktif dan permainan. Kegiatan ini fokus pada penggunaan bentuk kata kerja dimana kata kerja dalam Bahasa Inggris terdapat beberapa jenis yaitu V1, V2, dan V3 dengan penggunaan yang berbeda-beda. Kata kerja merupakan inti dari sebuah kalimat. Memahami bentuk kata kerja menjadi dasar kemampuan menyusun kalimat yang baik dan benar. Setelah kegiatan ini, terdapat peningkatan yang signifikan pada pemahaman siswa dalam menggunakan kata kerja yang tepat dalam berbagai kalimat. Para siswa merasa puas dan menganggap pelatihan ini sangat bermanfaat. Selain itu, mereka juga berharap kedepannya akan diadakan pelatihan serupa dengan tips-tips menarik lainnya seputar Bahasa Inggris.

Published
2022-12-28
How to Cite
Pujiani, T., Putri, D., Soali, M., Kristanto, B., Krisbiantoro, B., & Sukmawati, I. D. (2022). Pelatihan Kilat Bahasa Inggris untuk Siswa SMA: Mengupas Masalah Penggunaan Bentuk Kata Kerja. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 778-783. https://doi.org/https://doi.org/10.35960/snppkm.v2i1.1018