Gambaran Tingkat Stres Akademik Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Pasca Pandemi Covid-19 pada Siswa SMP X Purwokerto

  • Ria Mardiono Prayogi PROGRAM STUDI KEPERAWATAN PROGRAM SARJANA FAKULTAS KESEHATAN, UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA
  • Arni Nur Rahmawati UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA
  • Ita Apriliyani UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA
Keywords: Stress akademik, Pembelajaran tatap muka, Pasca COVID-19

Abstract

Penurunan kasus Covid-19 per Maret 2022 telah menyebabkan perubahan dalam sistem pendidikan. Kesediaan untuk menerapkan pendidikan tatap muka di sekolah harus mempertimbangkan dimensi internal dan eksternal. Menggunakan sistem pembelajaran yang berbeda dapat menciptakan tingkat stres yang berbeda bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui beban akademik pembelajaran tatap muka (PTM) pasca pandemi Covid-19 di SMP X Purwokerto. Desain studi deskriptif dengan pendekatan temporal. Sampel untuk penelitian ini adalah mahasiswa SMP X Purwokerto, dengan total 86 responden dengan teknik purposive sampling. Alat penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik siswa SMP X Purwokerto menemukan bahwa usia rata-rata responden adalah usianya yang 14,16 tahun dan kebanyakan dari mereka adalah perempuan (77,9%). Tekanan akademik untuk pembelajaran tatap muka (PTM) pasca pandemi Covid-19 di SMP X Purwokerto sebagian besar berada pada kategori sedang (79,1%). Kesimpulannya, mahasiswa SMP X Purwokerto mengalami tekanan akademik yang moderat di kelas tatap muka.

Published
2022-12-28
How to Cite
Prayogi, R. M., Rahmawati, A. N., & Apriliyani, I. (2022). Gambaran Tingkat Stres Akademik Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Pasca Pandemi Covid-19 pada Siswa SMP X Purwokerto. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 638-642. https://doi.org/https://doi.org/10.35960/snppkm.v2i1.1031