Pelatihan Penggunaan Aplikasi Presentasi Bisnis untuk Meningkatkan Kemampuan(Skill) Sumber Daya Manusia pada Pelaku UMKM Rumah BUMN Purwokerto

  • Ully Resmi Nugrahaeni Universitas Harapan Bangsa
  • Kartika Dwi Chandra Sari Universitas Harapan Bangsa
Keywords: Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Sumber Daya Manusia, Aplikasi Presentasi Bisnis

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan subyek penggerak perekonomian di Indonesia. Keberadaan UMKM yang banyak perlu memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, yang memiliki keterampilan dan dapat mengikuti setiap perubahan bisnis. Dengan memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas, UMKM dapat tumbuh dan berkembang lebih pesat. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia bagi pelaku UMKM adalah dengan melatih keterampilan Sumber Daya Manusia. Pelatihan keterampilan yang dimaksud adalah pelatihan penggunaan aplikasi presentasi bisnis sebagai alat untuk mendukung presentasi bisnis yang baik. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dalam penggunaan aplikasi presentasi bisnis para pelaku UMKM binaan Rumah BUMN Purwokerto. Kegiatan dilakukan dengan mengisi pra-kuesioner, menyajikan materi, mempraktekkan penggunaan aplikasi presentasi bisnis, berdiskusi dan tanya jawab dan post-kuesioner. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu, diketahui bahwa terdapat 64,16 persen pelaku UMKM yang belum memiliki keterampilan menggunakan aplikasi presentasi bisnis yang baik, namun setelah pelatihan, terdapat 73,6 persen pelaku UMKM merasa puas dengan pelatihan yang dilakukan dan diketahui bahwa pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM mengalami peningkatan.

Author Biography

Kartika Dwi Chandra Sari, Universitas Harapan Bangsa

Program Studi Manajemen 

Published
2022-12-28
How to Cite
Nugrahaeni, U., & Sari, K. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Presentasi Bisnis untuk Meningkatkan Kemampuan(Skill) Sumber Daya Manusia pada Pelaku UMKM Rumah BUMN Purwokerto. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 802-809. https://doi.org/https://doi.org/10.35960/snppkm.v2i1.1041