Hubungan Motivasi Belajar Daring dengan Stres Akademik pada Siswa Kelas X SMAN 1 Bantarkawung Kabupaten Brebes

  • Alisa Fikhul Fitriyah Universitas Harapan bangsa
  • Ita Apriliyani Universitas Harapan Bangsa
  • Wasis Eko Kurniawan Universitas Harapan Bangsa
Keywords: Siswa, Motivasi belajar daring, Stres akademik

Abstract

Pendidikan merupakan suatu peningkatan diri guna menggali kemampuan yang dimiliki. Kemunculan pandemi covid-19 membuat semua proses pembelajaran di Indonesia dilakukan secara daring. Proses pembelajaran daring membuat siswa mengalami stres yang di akibatkan karena banyaknya tugas dari sekolah, apabila stres tidak tepat ditangani maka dapat memunculkan penurunan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan motivasi belajar daring dengan stres akademik pada siswa kelas X SMAN 1 Bantarkawung. penelitian ini adalah menggunakan desain kuantitatif. Teknik sampling dengan proportionate stratified random sampling sebanyak 72 responden. Analisis data menggunakan uji spearman-rank. Data diambil dengan menggunakan kuesioner skala motivasi belajar daring dan stres akademik. Hasil penelitian hubungan motivasi belajar daring dengan stres akademik pada siswa kelas X SMAN 1 Bantarkawung menunjukkan karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin paling banyak perempuan yaitu 43 siswa. Motivasi belajar daring paling banyak masuk dalam kategori rendah yaitu sebanyak 40 siswa (55%). Stres akademik paling banyak masuk dalam kategori tinggi 46 siswa (63%) serta ada terdapat hubungan antara motivasi belajar daring dengan stres akademik dengan p-vaue -0,002.

Published
2022-12-28
How to Cite
Fitriyah, A., Apriliyani, I., & Kurniawan, W. E. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Daring dengan Stres Akademik pada Siswa Kelas X SMAN 1 Bantarkawung Kabupaten Brebes. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 253-259. https://doi.org/https://doi.org/10.35960/snppkm.v2i1.1050