Justifikasi Anggaran Biaya Pembuatan Sistem Informasi Manajemen Klinik Menggunakan Metode Activity Based Costing (Studi Kasus Klinik Mutiara Balapulang)

  • Diani Romiati Universitas Harapan Bangsa
  • Kiki Alfaini Nurrizki Universitas Harapan Bangsa
  • Azkiyatun Nadroh Universitas Harapan Bangsa
  • Imam Ahmad Ashari Universitas Harapan Bangsa
Keywords: Sistem Informasi Manajemen Klinik, Anggaran Biaya, Activity Based Costing

Abstract

Dalam setiap pengembangan suatu sistem informasi, perlu menentukan strategi baik dalam pengerjaan maupun pembiayaan. Biaya yang dibutuhkan untuk pengembangan cukup banyak dan memiliki beberapa parameter yang kompleks, sehingga dibutuhkan salah satu konsep manajemen yakni pengakuratan biaya, dalam kasus ini adalah biaya pengembangan Sistem Informasi Manajemen Klinik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan serta menghitung anggaran biaya pengembangan Sistem Informasi Manajemen Klinik. Alokasi biaya yang tepat diperlukan agar keuangan terkelola dengan baik, sehingga digunakan sebuah metode yaitu Activity Based Costing untuk menghitung anggaran biaya pengembangan Sistem Informasi Manajemen Klinik, dimana sistem perhitungannya dengan membebankan biaya pada setiap aktivitas yang terlibat terlebih dahulu sebelum menghitung biaya produk. Banyaknya aktivitas dalam mengembangkan suatu sistem informasi membuat metode ini cocok untuk diterapkan dalam pengakuratan biaya. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa biaya total yang dibutuhkan sebesar IDR 54.150.000 dalam pengembangan Sistem Informasi Manajemen Klinik pada Klinik Mutiara Balapulang. Hasil total perhitungan tersebut menunjukan bahwa metode Activity Based Costing ini dapat digunakan sebagai perhitungan alokasi proyek sistem informasi dengan tepat sesuai dengan setiap uraian aktivitas.

Author Biographies

Kiki Alfaini Nurrizki, Universitas Harapan Bangsa

Program Studi Sistem Informasi

Azkiyatun Nadroh, Universitas Harapan Bangsa

Program Studi Sistem Informasi

Imam Ahmad Ashari, Universitas Harapan Bangsa

Program Studi Informatika

Published
2022-12-28
How to Cite
Romiati, D., Nurrizki, K., Nadroh, A., & Ashari, I. (2022). Justifikasi Anggaran Biaya Pembuatan Sistem Informasi Manajemen Klinik Menggunakan Metode Activity Based Costing (Studi Kasus Klinik Mutiara Balapulang). Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 460-464. https://doi.org/https://doi.org/10.35960/snppkm.v2i1.1071