Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Gangguan Pola Tidur Pada Anak di SD Negri 1 Karanganyar

  • Putri Bunga Lestari Mahasiswi
  • Noor Yunida Triana Universitas Harapan Bangsa
  • Roro Lintang Suryani Universitas Harapan Bangsa

Abstract

Anak menjadi kelompok umur yang memiliki tingkat risiko tinggi untuk terjadinya gangguan pola tidur dikarenakan waktu tidur yang kurang. Gangguan tidur pada anak dapat mengganggu pertumbuhan fisik, emosional, kognitif dan sosial seorang anak. Durasi tidur yang berkurang pada anak dapat terjadi karena gangguan pada waktu tidur yang salah satunya disebabkan karena penggunaan gadget pada anak sebelum tidur yang menyebabkan mereka menunda waktu tidurnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan durasi penggunaan gadget dengan gangguan pola tidur pada anak di SD Negeri 1 Karanganyar. Desain penelitian survei studi korelasi dengan pendekatan waktu cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah orang tua siswa kelas 4-6 di SD Negeri 1 Karanganyar sebanyak 63 responden dengan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji kendall tau. Hasil penelitian menunjukkan durasi penggunaan gadget pada anak sebagian besar sedang (52.4%), gangguan pola tidur pada anak sebagian besar tidak terganggu (65.1%) dan hasil dari uji korelasi kendall tau didapatkan hasil nilai p-value sebesar 0.001 (p-value ≤ α) dengan nilai coefficient correlation sebesar 0.411. Kesimpulannya bahwa ada hubungan durasi penggunaan gadget dengan gangguan pola tidur pada anak di SD Negeri 1 Karanganyar.

Anak menjadi kelompok umur yang memiliki tingkat risiko tinggi untuk terjadinya gangguan pola tidur dikarenakan waktu tidur yang kurang. Gangguan tidur pada anak dapat mengganggu pertumbuhan fisik, emosional, kognitif dan sosial seorang anak. Durasi tidur yang berkurang pada anak dapat terjadi karena gangguan pada waktu tidur yang salah satunya disebabkan karena penggunaan gadget pada anak sebelum tidur yang menyebabkan mereka menunda waktu tidurnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan durasi penggunaan gadget dengan gangguan pola tidur pada anak di SD Negeri 1 Karanganyar. Desain penelitian survei studi korelasi dengan pendekatan waktu cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah orang tua siswa kelas 4-6 di SD Negeri 1 Karanganyar sebanyak 63 responden dengan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji kendall tau. Hasil penelitian menunjukkan durasi penggunaan gadget pada anak sebagian besar sedang (52.4%), gangguan pola tidur pada anak sebagian besar tidak terganggu (65.1%) dan hasil dari uji korelasi kendall tau didapatkan hasil nilai p-value sebesar 0.001 (p-value ≤ α) dengan nilai coefficient correlation sebesar 0.411. Kesimpulannya bahwa ada hubungan durasi penggunaan gadget dengan gangguan pola tidur pada anak di SD Negeri 1 Karanganyar.

Author Biography

Noor Yunida Triana, Universitas Harapan Bangsa

Program Studi Keperawatan

Published
2022-12-28
How to Cite
Lestari, P., Triana, N., & Suryani, R. (2022). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Gangguan Pola Tidur Pada Anak di SD Negri 1 Karanganyar. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 110-119. https://doi.org/https://doi.org/10.35960/snppkm.v2i1.1089