Skrining Fitokimia Senyawa Metabolit Sekunder dan Uji Karakteristik Kadar Air Ekstrak Biji Mahoni (Swietenia Mahagoni. (L) Jacq)

  • Umi Hanifatun Nikmah Universitas Harapan Bangsa
  • Galih Samodra Universitas Harapan Bangsa
  • Ikhwan Yudha Kusuma Universitas Harapan Bangsa
Keywords: biji mahoni, kadar air, skrining fitokimia

Abstract

Ekstrak etanol biji mahoni (Swietenia Mahagoni (L) Jacq) memiliki aktivitas farmakologi sebagai antibakteri. Aktivitas tersebut disebabkan oleh kandungan kimia yang terdapat di dalam suatu ekstrak. Faktor lingkungan memiliki pengaruh terhadap metabolit sekunder yang terdapat di dalam suatu tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar air dan kandungan senyawa metabolit sekunder yang terdapat di dalam ekstrak etanol biji mahoni (Swietenia Mahagoni (L) Jacq) yang diperoleh dari daerah Bumiayu kabupaten Brebes berdasarkan uji skrining fitokimia. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu ekstraksi dengan remaserasi menggunakan etanol 96%, penetapan kadar air ekstrak, dan skrining fitokimia. Uji skrining fitokimia yang dilakukan meliputi identifikasi flavonoid, alkaloid, saponin, dan tanin. Hasil penetapan kadar air menunjukan bahwa ekstrak etanol biji mahoni (Swietenia Mahagoni (L) Jacq) memiliki kadar air sebesar 0,14%± 0,00. Skrining fitokimia yang diperoleh bahwa ekstrak etanol biji mahoni (Swietenia Mahagoni (L) Jacq) mengandung senyawa metabolit sekunder falavonoid, alkaloid, saponin, dan tanin. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol biji mahoni (Swietenia Mahagoni (L) Jacq) memiliki kadar air yang sesuai dengan standar kadar air biji mahoni yaitu <16%.

Author Biographies

Galih Samodra, Universitas Harapan Bangsa

program studi farmasi 

Ikhwan Yudha Kusuma, Universitas Harapan Bangsa

program studi farmasi 

Published
2022-12-28
How to Cite
Nikmah, U., Samodra, G., & Kusuma, I. (2022). Skrining Fitokimia Senyawa Metabolit Sekunder dan Uji Karakteristik Kadar Air Ekstrak Biji Mahoni (Swietenia Mahagoni. (L) Jacq). Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 120-125. https://doi.org/https://doi.org/10.35960/snppkm.v2i1.1091