Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)

  • Rahayu Saskia Putri Universitas Harapan Bangsa (UHB)
  • Esti Saraswati Universitas Harapan Bangsa (UHB)
  • Giovanny Bangun Kristianto Universitas Harapan Bangsa (UHB)
Keywords: motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi sosial, biaya pendidikan

Abstract

Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) merupakan pendidikan yang di lakukan oleh mahasiswa setelah menempuh pendidikan minimal D4 maupun S1 prodi Akuntansi untuk memperolah gelar tambahan yaitu seorang Akuntan (Ak). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi social, dan biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan sumber data primer. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa akuntansi di purwokerto. Pengambilan sempel menggunakan probability sampling dengan menggunakan rumus Hair (2018) sehingga dihasilkan sempel sebanyak 105. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan link google form yang berisi beberapa pernyataan yang harus dijawab oleh responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan variable motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi social, dan biaya pendidikan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk. Dengan nilai F hitung sebesar (68.662 > F table (2.46). Secara parsial menunjukan variable motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi social, dan biaya pendidikan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk.

Published
2023-10-26
How to Cite
Putri, R., Saraswati, E., & Kristianto, G. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 133-141. https://doi.org/https://doi.org/10.35960/snppkm.v3i1.1194