Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)
Abstract
Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) merupakan pendidikan yang di lakukan oleh mahasiswa setelah menempuh pendidikan minimal D4 maupun S1 prodi Akuntansi untuk memperolah gelar tambahan yaitu seorang Akuntan (Ak). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi social, dan biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan sumber data primer. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa akuntansi di purwokerto. Pengambilan sempel menggunakan probability sampling dengan menggunakan rumus Hair (2018) sehingga dihasilkan sempel sebanyak 105. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan link google form yang berisi beberapa pernyataan yang harus dijawab oleh responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan variable motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi social, dan biaya pendidikan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk. Dengan nilai F hitung sebesar (68.662 > F table (2.46). Secara parsial menunjukan variable motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi social, dan biaya pendidikan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.