Asuhan Keperawatan Gangguan Persepsi Sensori Halusinasi Pendengaran Pada Tn.M Dengan Skizofrenia Di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang

  • Wahyu Tri Pamungkas Universitas Harapan Bangsa
  • Arni Nur Rahmawati Universitas Harapan Bangsa
  • Etika Dewi Cahyaningrum Universitas Harapan Bangsa
Keywords: skizofrenia, halusinasi, asuhan keperawatan, keperawatan jiwa

Abstract

Skizofrenia adalah gangguan jiwa yang terjadi dan dialami oleh orang-orang yang telah menembus kelas sosial, salah satunya adalah halusinasi. Gangguan jiwa dimana klien mengalami gangguan persepsi sensorik, dimana klien terdapat sensasi yang tidak nyata meliputi penglihatan, bunyi, bau, rasa, dan sentuhan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan asuhan keperawatan gangguan persepsi sensori halusinasi pendengaran pada Tn. M dengan skizofrenia RSJ Prof. dr. Soerojo Magelang.

Metode yang digunakan adalah studi kasus asuhan keperawatan meliputi pengkajian, perumusan diagnosa keperawatan, intervensi, impelementasi dan evaluasi. Berdasarkan hasil menunjukan setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 3 x 8 jam didapatkan halusinasi pendengaran dapat terkontrol dengan cara menghardik, berbincang-bincang dengan orang lain membuat jadwal dan minum obat.

Kesimpulannya adalah kerjasama antar tim kesehatan dan klien atau keluarga klien sangat diperlukan untuk keberhasilan asuhan keperawatan pada klien, komunikasi terapeutik dapat mendorong klien lebih kooperatif, peran keluarga sangat penting dalam merawat klien dengan gangguan persepsi sensori: halusinasi pendengaran. 

 

Kata kunci: Asuhan keperawatan jiwa, Halusinasi pendengaran, Skizofrenia

Published
2023-11-05
How to Cite
Pamungkas, W., Rahmawati, A., & Cahyaningrum, E. (2023). Asuhan Keperawatan Gangguan Persepsi Sensori Halusinasi Pendengaran Pada Tn.M Dengan Skizofrenia Di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 336-342. https://doi.org/https://doi.org/10.35960/snppkm.v3i1.1198