Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Bullying Pada Siswa SMP Negeri 4 Purbalingga
Abstract
Bullying adalah perilaku agresif negatif yang digunakan ketika seseorang melakukannya terhadap seseorang yang mereka anggap lebih lemah darinya. Bullying akan menyebabkan beberapa dampak buruk seperti kecemasan, depresi, stress, dan membuat korban tidak merasa nyaman berada di lingkungan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan remaja tentang bullying pada siswa SMP Negeri 4 Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Purbalingga kelas VIII sebanyak 148 siswa. Pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner pengetahuan bullying. Data diolah dengan program SPSS versi 26.0 dengan menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan bullying di SMP Negeri 4 Purbalingga yaitu sebanyak 146 responden (98,6%) memiliki pengetahuan baik, 2 responden (1,4%) memiliki pengetahuan yang cukup. Kesimpulan dari penelitian ini adalah SMP Negeri 4 Purbalingga memiliki pengetahuan tentang bullying baik.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.