Hubungan Waktu Tunggu dengan Kepuasan Pasien di Ruang IGD RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga
Abstract
Penumpukan pasien atau overcrowded di IGD yang salah satu penyebabnya adalah waktu tunggu yang terlalu lama. Meningkatnya kualitas layanan, maka kepuasan pasien juga meningkat. Tujuan dari penelitian ini mengetahui korelasi waktu menunggu dengan kepuasan pasien di ruang IGD RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga. Penelitian dilakukan menggunakan metodologi deskriptif korelasional melalui pendekatan cross sectional. Sebanyak 105 partisipan pada teknik quota sampling yang digunakan untuk penelitian ini. Data diambil dengan melakukan pengukuran waktu tunggu menggunakan stopwatch dan lembar observasi, sedangkan kepuasan pasien menggunakan kuesioner BEPSS. Kesimpulan penelitian ditemui mayoritas responden mempunyai waktu tunggu cepat sebesar 96 responden (91,4%), sedangkan kepuasan pasien sebagian besar responden puas sebanyak 57 responden (54,3%), dan analisis uji spearman rank mendapatkan nilai ρ value 0,033< ɑ 0,05 dan koefisien korelasi 0,208 yang artinya korelasi kedua variabel tersebut lemah, sehingga dihasilkan adanya korelasi pada waktu tunggu dengan kepuasan pasien di ruang IGD RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga