Pelatihan Peningkatan Kemampuan Public Speaking bagi Siswa-Siswi SMA dan SMK di Kabupaten Banyumas
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masayarakat ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak program pelatihan public speaking terhadap siswa SMA di Kabupaten Banyumas dalam mengatasi glossophobia dan meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Metode pengabdian melibatkan penyelenggaraan program pelatihan public speaking selama 2 hari di Kampus 2 Universitas Harapan Bangsa. Program ini mencakup teknik-teknik seperti visualisasi positif, latihan berulang, dan teknik relaksasi. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berbicara di depan umum dan penurunan tingkat ketakutan berbicara di depan umum pada siswa yang mengikuti program pelatihan public speaking. Program pelatihan public speaking ini memiliki dampak positif yang signifikan pada siswa SMA di Kabupaten Banyumas. Mereka menjadi lebih percaya diri dalam berbicara di depan umum, mengatasi glossophobia, dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Dampak ini tidak hanya memengaruhi aspek akademis, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk sukses dalam karir dan kehidupan sosial. Selain itu, program ini memberikan kontribusi positif dalam pembangunan generasi muda yang lebih percaya diri dan komunikatif dalam masyarakat.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.