Edukasi Informatif Kefarmasian Penggolongan Obat Pada Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 2 Tuguraja Kota Tasikmalaya

  • Srie Rezeki Nur Endah Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Fajar Nugraha Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Ali Nofriyaldi Universitas Perjuangan Tasikmalaya
Keywords: Edukasi, Farmasi, Sekolah Dasar,  Golongan Obat

Abstract

Pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar  belum  ada  pemberitahuan informasi mengenai  pengetahuan  kesehatan  dan  obat-obatan,  termasuk  juga banyaknya informasi yang tidak tepat (hoax) sehingga menimbulkan kekhawatiran bagi wali murid. Siswa kelas 4-6 merupakan tingkatan kelas tinggi pada pendidikan dasar sehingga informasi yang didapat harus benar. Dengan demikian, informasi dan pengetahuan yang benar  akan  tertanam  dalam  perilaku  dan  kehidupan  sehari-hari  siswa.  Hal  ini  yang membuat siswa-siswi Sekolah Dasar memerlukan informasi terkait penggolongan obat. Program ini bertujuan meningkatkan pemahaman penggolongan obat serta sebagai ajang untuk mengenal lebih dalam profesi apoteker dalam pelayanan kefarmasiaan. Metode yang dilakukan adalah memberikan edukasi informatif mengenai penggolongan obat. Pelaksanaan yang diterapkan dalam program ini yaitu perencanaan program (pre-test), pelaksanaan program dengan edukasi menggunakan metode ceramah, pendampingan dan resitasi, serta evaluasi program (post-test). Dari hasil kegiatan ini, peserta pengabdian mendapatkan peningkatan pengetahuan mengenai jenis obat dan penggolongannya sebesar 43%.

Published
2023-11-05
How to Cite
Endah, S., Nugraha, F., & Nofriyaldi, A. (2023). Edukasi Informatif Kefarmasian Penggolongan Obat Pada Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 2 Tuguraja Kota Tasikmalaya. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 59-64. https://doi.org/https://doi.org/10.35960/snppkm.v3i1.1281