Edukasi Informatif Kefarmasian Penggolongan Obat Pada Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 2 Tuguraja Kota Tasikmalaya
Abstract
Pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar belum ada pemberitahuan informasi mengenai pengetahuan kesehatan dan obat-obatan, termasuk juga banyaknya informasi yang tidak tepat (hoax) sehingga menimbulkan kekhawatiran bagi wali murid. Siswa kelas 4-6 merupakan tingkatan kelas tinggi pada pendidikan dasar sehingga informasi yang didapat harus benar. Dengan demikian, informasi dan pengetahuan yang benar akan tertanam dalam perilaku dan kehidupan sehari-hari siswa. Hal ini yang membuat siswa-siswi Sekolah Dasar memerlukan informasi terkait penggolongan obat. Program ini bertujuan meningkatkan pemahaman penggolongan obat serta sebagai ajang untuk mengenal lebih dalam profesi apoteker dalam pelayanan kefarmasiaan. Metode yang dilakukan adalah memberikan edukasi informatif mengenai penggolongan obat. Pelaksanaan yang diterapkan dalam program ini yaitu perencanaan program (pre-test), pelaksanaan program dengan edukasi menggunakan metode ceramah, pendampingan dan resitasi, serta evaluasi program (post-test). Dari hasil kegiatan ini, peserta pengabdian mendapatkan peningkatan pengetahuan mengenai jenis obat dan penggolongannya sebesar 43%.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.