Implementasi Gamifikasi Pada Perancangan Aplikasi Mobile Diabetes Menggunakan Metode Framework of Game Element

  • Kiki Alfaini Nurrizki Universitas Harapan Bangsa
  • Muhammad Rizqi Ramadhan Universitas Harapan Bangsa
  • Diani Romiati Universitas Harapan Bangsa
Keywords: Aplikasi Mobile, Diet Diabetes, Framework of Game Element, Gamifikasi

Abstract

Gaya hidup tidak sehat disebabkan karena banyak orang tidak sadar pentingnya menjaga gaya hidup sehat salah satunya terkait dengan tingginya konsumsi gula darah yang menyebabkan penyakit diabetes. Di Indonesia, diperkirakan populasi penderita diabetes dewasa berusia antara 20-79 tahun adalah sebanyak 19.465.100 orang dengan prevalensi diabetes pada usia tersebut adalah 10,6%. Dengan hal tersebut diperlukan solusi dengan memanfatkan perkembangan teknologi dalam pencegahan dan perawatan penyakit diabetes. Penelitian ini menggunakan konsep gamifikasi yang merupakan kerangka kerja konseptual yang menerapkan penggunaan elemen dan teknik game dalam konteks non-game untuk meningkatkan interaksi antara manusia dan komputer dan sebagai pemecah masalah secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang aplikasi mobile menggunakan gamifikasi yang dapat membantu penderita diabetes mengatur pola diet guna mengontrol gula darah dan mengevaluasi kepatuhannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan skema gamifikasi yang diusulkan oleh Hunter dan Werbach berupa framework of game element yang terdiri dari tiga kategori yaitu dynamics, mechanics, dan components. Dalam elemen components diadopsi elemen kunci utama gamifikasi yaitu elemen progress path, feedback and reward, dan interface and user experience. Hasil yang didapat adalah suatu rancangan aplikasi mobile diet bagi penderita diabetes yang menyatakan bahwa elemen gamifikasi berhasil diterapkan untuk solusi pola diet penderita diabetes.

Author Biographies

Muhammad Rizqi Ramadhan, Universitas Harapan Bangsa

Program Studi Informatika

Diani Romiati, Universitas Harapan Bangsa

Program Studi Teknologi Informasi

Published
2023-11-08
How to Cite
Nurrizki, K., Ramadhan, M., & Romiati, D. (2023). Implementasi Gamifikasi Pada Perancangan Aplikasi Mobile Diabetes Menggunakan Metode Framework of Game Element. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 393-400. https://doi.org/https://doi.org/10.35960/snppkm.v3i1.1293