Pemanfaatan Puppet Multimedia Illustration dalam Pembelajaran Usia Dini di TK KB Mutiara Bunda

  • Monika Pretty Aprilia Universitas Amikom Yogyakarta
  • Ali Mustopa Universitas Amikom Yogyakarta
  • Ahmad Sa'di Universitas Amikom Yogyakarta
  • Yogi Efani Yancandra Universitas Amikom Yogyakarta
  • Fadiya Ahsani Universitas Amikom Yogyakarta
Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia, Boneka, Konsentrasi

Abstract

Pendidikan usia dini memiliki tantangan baru dalam pembelajaran paska pandemi. Tantangan tersebut antara lain, anak usia dini kesulitan membangun koneksi sosial terhadap teman sebaya dan guru akibat pembatasan sosial ketika pandemi. Anak usia dini juga kesulitan dalam mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus akibat kurang beraktifitas paska pandemi. Mereka juga kesulitan memperoleh perhatian dan konsentrasi. Ditambah, mereka juga kesulitan mengembangkan imajinasi dan kreatifitas akibat keterbatasan ruang gerak dan pembelajaran intensif yang tingkat penggunaan gawainya tinggi. TK KB Mutiara Bunda memiliki tantangan dalam meningkatkan konsentrasi dan perhatian anak dalam mengikuti materi. Diperlukan media pembelajaran kombinasi dengan boneka untuk memberikan pengalaman baru dalam belajar dan memberikan keaktifan dalam belajar dengan memanfaatkan boneka yang berhubungan dengan materi yang dibuat. Media ini dapat menghasilkan sampai 90% partisipasi dan peningkatan perhatian serta konsentrasi anak. Media dapat menghasilkan masa pengkondisian anak menjadi lebih singkat 5-10 menit. Dengan menghasilkan media pembelajaran ilustrasi yang tepat diharapkan mampu membantu kegiatan pembelajaran TK KB Mutiara Bunda untuk menjadi lebih baik.

Published
2023-11-05
How to Cite
Aprilia, M., Mustopa, A., Sa’di, A., Yancandra, Y., & Ahsani, F. (2023). Pemanfaatan Puppet Multimedia Illustration dalam Pembelajaran Usia Dini di TK KB Mutiara Bunda. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 41-48. https://doi.org/https://doi.org/10.35960/snppkm.v3i1.1297