Gambaran Tingkat Pengetahuan Remaja tentang Cyberbullying Kelas XI di SMKN 2 Purwokerto Kabupaten Banyumas
Abstract
Teknologi yang semakin berkembang dan pengaruh dari media sosial di kalangan pelajar harusnya diikuti dengan pengetahuan mengenai internet dan media sosial. Cyberbullying adalah teror dunia maya pada media sosial diantaranya berupa ancaman, cercaan, penghinaan, maupun hacking yang bisa dilakukan kapan saja, dan dimana saja. Menurut wawancara online sebanyak 7 siswa dari 10 siswa kelas XI SMKN 2 Purwokerto mengatakan tidak mengetahui mengenai cyberbullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan remaja tentang cyberbullying pada kelas XI di SMKN 2 Purwokerto. Metode dengan desain deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan teknik simple random sampling sebanyak 238 siswa kelas XI dari berbagai jurusan. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Tingkat Pengetahuan Cyberbullying berbasis online yaitu google form. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa responden sebagian besar berusia 17 tahun (79,0%) yaitu remaja pertengahan, berjenis kelamin laki-laki 80,3% dan perempuan 19,7%, serta tingkat pengetahuan cyberbullying pada kelas XI di SMKN 2 Purwokerto dikategorikan tinggi yaitu 191 responden (92,0%), sedang 16 responden (6,7%), dan rendah 3 responden (1,3%).
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.