Hubungan Dismenore dengan Aktivitas Belajar Mahasiswi Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

  • Lutfia Ainna Shafa Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
  • Noor Yunida Yunida Triana Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
  • Siti Haniyah Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
Keywords: Dismenore, Aktivitas Belajar

Abstract

Dismenore merupakan nyeri yang dirasakan wanita pada saat menstruasi, wanita yang mengalami dismenore akan mengalami gangguan yaitu pada aktivitasnya dalam kegiatan sehari-hari terutama dalam proses belajar. Penelitian ini dilakukan di Universitas Harapan Bangsa Purwokerto untuk mengembangkan ilmu pengetahuan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dismenorea dengan aktivitas belajar mahasiswi keperawatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis studi analitik korelasi. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel sebanyak 45 responden. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner intensitas dismenorea dan aktivitas belajar. Analisis bivariat menggunakan uji spearman rank. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan signifikan antara dismenore dengan aktivitas belajar mahasiswi keperawatan dengan nilai p value adalah 0,000 dan nilai r sebesar 0,530 yaitu tingkat korelasi kuat antara dismenore dengan aktivitas belajar mahasiswa. Pencegahan dan penanganan dismenorea yang tepat perlu dilakukan agar aktivitas belajar mahasiswi tidak terganggu.

Published
2021-11-21
How to Cite
Shafa, L., Triana, N. Y., & Haniyah, S. (2021). Hubungan Dismenore dengan Aktivitas Belajar Mahasiswi Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa Purwokerto. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 782-789. Retrieved from https://prosiding.uhb.ac.id/index.php/SNPPKM/article/view/741