Gambaran Kecanduan Game Online Dilihat dari Durasi Lama Bermain pada Remaja di SMP Negeri 2 Randudongkal

  • Adi Juniarto Universitas Harapan Bangsa
  • Ita Apriliyani Universitas Harapan Bangsa
  • Arni Nur Rahmawati Universitas Harapan Bangsa
Keywords: Durasi, Game Online, Kecanduan, Remaja

Abstract

Maraknya permainan game online pada kalangan remaja menyebabkan kecanduan yang tidak dapat dikontrol atau tidak mempunyai kekuatan untuk menghentikan kegiatan tersebut akan mengakibatkan pecandu menjadi lalai terhadap kegiatan lain termasuk kewajiban belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecanduan game online dilihat dari durasi lama bermain pada remaja di SMP Negeri 2 Randudongkal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional.  Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Randudongkal.  Teknik pengambilan sampel Proportion Stratified Random Sampling, sampel penelitian ini siswa kelas VII dan VIII sebanyak 93 responden. Data dikumpulkan merupakan data primer yaitu menggunakan kuesioner adiksi game online dengan skala likert. Gambaran adiksi game online pada siswa kelas VII dan VIII di SMP negeri 2 Randudongkal berada pada tingkat adiksi tinggi dengan skor 98,9%.  Gambaran remaja di SMP Negeri 2 Randudongkal menunjukan mereka mempunyai durasi lama bermain game online sebagian besar kategori tinggi 55 (59,1%). Presentase adiksi game online siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 2 Randudongkal sebanyak 92 (98,9%), dan durasi lama bermain >40jam/bulan 55 (59,1%) kategori tinggi.

Published
2021-11-21
How to Cite
Juniarto, A., Apriliyani, I., & Rahmawati, A. N. (2021). Gambaran Kecanduan Game Online Dilihat dari Durasi Lama Bermain pada Remaja di SMP Negeri 2 Randudongkal. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 840-844. Retrieved from https://prosiding.uhb.ac.id/index.php/SNPPKM/article/view/750