Hubungan Kepuasan Pasien dengan Tingkat Attendance Pasien di Rawat Jalan Puskesmas Pekuncen I Kabupaten Banyumas
Abstract
ABSTRAK
Pemanfaatan kembali pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh pasien akan terjadi jika pelayanan yang didapatkan sesuai harapan. Jasa pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas dapat meningkatkan minta pasien untuk melakukan kunjungan ulang dan pada pasien yang baru melakukan kunjungan akan melakukan kunjungan berulang karena pengalaman yang didapat sesuai dengan harapannya. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kepuasan pasien dengan tingkat attendance pasien di rawat jalan Puskesmas Pekuncen I Kabupaten Banyumas. Desain penelitiannya survei analitik dengan pendekatan waktu cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di Puskesmas Pekuncen I sebanyak 95 responden dengan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar kueisoner dengan analisis data menggunakan spearman-rank. Hasil penelitian kepuasan pasien di rawat jalan Puskesmas Pekuncen I Kabupaten Banyumas sebagian besar dalam kategori puas (60%). Tingkat attendance pasien di rawat jalan Puskesmas Pekuncen I Kabupaten Banyumas sebagian besar dalam kategori tinggi (54.7%). Terdapat hubungan tingkat kepuasan pasien dengan tingkat attendance pasien di rawat jalan Puskesmas Pekuncen I Kabupaten Banyumas dengan nilai p value sebesar 0.001
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.