Terapi Range Of Motion (ROM) dan Terapi Ambulasi untuk Pasien dengan Hambatan Mobilitas Fisik (Studi Kasus pada Pasien dengan Stroke di Desa Bobotsari Purbalingga)

  • Zayidha Sayekti Asih universitas harapan bangsa purwokerto
  • Amin Susanto universitas harapan bangsa purwokerto
  • Prasanti Adriani universitas harapan bangsa purwokerto
Keywords: stroke, asuhan keperawatan, hambatan mobilitas fisik

Abstract

Stroke merupakan kondisi kehilangan fungsi otak secara tiba-tiba yang disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak atau pecahnya pembuluh darah di otak. Masalah yang sering timbul pada penderita stroke adalah adanya hemipharesis yang dapat menimbulkan adanya hambatan mobilitas fisik. Tujuan penelitian ini adalah mampu melaksanakan asuhan keperawatan pada klien stroke yang mengalami gangguan mobilitas fisik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dengan wawancara, objek dan pemeriksaan fisik, serta studi dokumentasi. Berdasarkan pengkajian penelitian dengan pendekatan studi kasus pada pasien ditemukan masalah keperawatan yang ditegakkan ialah hambatan mobilitas fisik. Tindakan yang dilakukan adalah ROM (Range Of Motion) yaitu latihan gerak sendi dan terapi ambulasi atau perpindahan posisi. Setelah tiga hari diberikan tindakan keperawatan terjadi peningkatan kondisi. Hasil yang didapat yaitu mampu menunjukkan pemahaman tentang pentingnya latihan pergerakan sendi, mampu meningkatkan aktivitas secara mandiri pasien.

Published
2021-11-09
How to Cite
Asih, Z., Susanto, A., & Adriani, P. (2021). Terapi Range Of Motion (ROM) dan Terapi Ambulasi untuk Pasien dengan Hambatan Mobilitas Fisik (Studi Kasus pada Pasien dengan Stroke di Desa Bobotsari Purbalingga). Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 968-973. Retrieved from https://prosiding.uhb.ac.id/index.php/SNPPKM/article/view/902