Pemberian Ondansetron dalam Mencegah Kejadian Hipotensi Pasca Induksi Spinal Anestesi

  • Wilis Sukmaningtyas Universitas Harapan Bangsa
  • Roro Lintang Suryani Universitas Harapan Bangsa

Abstract

ABSTRAK

Spinal anestesi merupakan salah satu jenis anestesi regional yang dilakukan dengan cara menyuntikkan obat anestesi lokal ke dalam ruang subarakhnoid dan merupakan teknik yang efektif pada prosedur bedah pada ekstremitas bawah dan perut bagian bawah. Iintervensi yang tepat dalam pencegahan dan penanganan hipotensi adalah salah satunya dengan pemberian ondansetron. Tujuan tinjauan ini adalah untuk menggambarkan penggunaan ondansetron dalam mencegah hipotensi pada spinal anestesi. Database elektronik yang digunakan adalah PubMed dan Cochrane, mulai tahun 2016 sampai 2021 dan didapatkan 6 jurnal yang sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil review dari 6 artikel, 2 artikel menunjukkan bahwa penggunaan ondansetron secara signifikan menurunkan kejadian hipotensi pada pasien - pasien dengan pembedahan non obstetri seperti pada pembedahan ekstremitas bawah atau pembedahan pada bagian perut bagian bawah. Sedangkan 4 artikel lainnya berdasarkan hasil uji statistik penggunaan ondansentron tidak signifikan dalam menurunkan angka kejadian hipotensi pada pembedahan yang diinduksi dengan spinal anestesi pada pembedahan section caesarea. Kesimpulan: pemberian ondansetron pre induksi spinal anestesi tidak signifikan dalam mencegah terjadinya hipotensi tetapi dapat diberikan guna mengurangi angka kejadian pemberian efedrin. 

 Kata kunci: Ondansetron, Anestesia, Spinal, Hipotensi

 

ABSTRACT

Spinal anesthesia is one type of regional anesthesia that is performed by injecting local anesthetic drugs into the subarachnoid space and is an effective technique in surgical procedures on the lower extremities and lower abdomen. Appropriate intervention in the prevention and treatment of hypotension is one of them by offering ondansetron. The aim of this study is to describe the use of ondansetron in preventing hypotension in spinal anesthesia. The electronic databases used were PubMed and Cochrane, from 2016 to 2021 and 6 journals were found that met the inclusion criteria. The results of a review of 6 articles, 2 articles showed that the use of ondansetron significantly reduced hypotension in patients with non-obstetric surgery such as lower extremity or lower abdominal surgery. While the other 4 articles based on the results of statistical tests on the use of ondansetron were not significant in reducing the incidence of hypotension in surgery induced with spinal anesthesia in caesarean section surgery. Conclusion: Pre-induction of ondansetron for spinal anesthesia was not significant in preventing hypotension but could be given to reduce the rate of ephedrine administration.

 Keyword: Ondansetron, Anesthesia, Spinal, Hypotensia

Published
2021-11-20
How to Cite
Sukmaningtyas, W., & Suryani, R. (2021). Pemberian Ondansetron dalam Mencegah Kejadian Hipotensi Pasca Induksi Spinal Anestesi. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1468-1474. Retrieved from https://prosiding.uhb.ac.id/index.php/SNPPKM/article/view/965